Home » » Janis Joplin - The Most Staggering Leading Woman In Rock

Janis Joplin - The Most Staggering Leading Woman In Rock

Sobat Belel, kali ini kita keluarin edisi spesial produk Belel Music. Musisi yang kita jadiin produk kali ini gak main-main loh, karena mereka adalah icon dari aliran musik mereka masinng-masing. Mereka adalah maestro musik dunia dan kalo kita sebut aliran musik mereka, pasti semua orang gak bisa lupakan karya dan kontribusi mereka di dunia musik internasional. Nah kita mulai deh bahas musisi pertama yang Kaos Belel jadiin icon produk kita kali ini. Doi ini musisi wanita yang telah banyak mengubah dunia musik. Kita bisa sebut, doi adalah pahlawan wanita dalam perkembangan dunia musik internasional!!! Cekidooott Sobat Belel.

JANIS LYN JOPLIN (1943-1970)




Biogragphy


Janis Lyn Joplin lahir di port Arthur, Texas, Amerika Serikat pada tanggal 19 January 1943 dan meninggal di Los Angeles tanggal  4 Oktober 1970 saat berumur 27 tahun. Doi adalah penyanyi, pencipta lagu dan penulis aransemen. Karir musik Joplin diawali sebagai vokalis band beraliran Blues Rock,  Big Brother & The Holding Company(1966-1968) dan selanjutnya doi menjalani solo karir sampai akhir hayatnya. Dengan banyaknya prestasi dan jutaan penggemarnya hingga saat ini, majalah Rolling Stone menempatkan Janis Joplin di urutan 46 dari daftar 100 Artis Terbesar Sepanjang Masa dan menerima Penghargaan Grammy Award Musisi Sepanjang Masa tahun 2005.


Masa Kecil


"I was a pretty normal person until I was 15 or 16, then I got weird." - Janis Joplin

Ibu Janis bernama Dorothy East (1913-1998) yang bekerja sebagai pegawai tata usaha di sebuah akademi bisnis dan sang suami, Seth Joplin (1910-1987) sebagai Insinyur di Texaco. Janis adalah anak pertama dari 3 bersaudar dimana kedua adiknya bernama Michael dan Laura. Suatu ketika ibu Joplin  pernah berkata, “Dia tidak bahagia dan tidak puas kalau tidak banyak diperhatikan. Kalau cuma diperhatikan biasa-biasa saja tidak cukup.” Semasa remaja doi banyak berteman dengan berandalan dan salah seorang dari mereka  memiliki album Afro-American blues Bessie Smith, Ma Rainey dan Lead Belly, yang sangat mempengaruhi keinginan Joplin untuk menjadi penyanyi. Joplin mulai bernyanyi di paduan suara dan mulai mendengar lagu-lagu dari penyanyi blues seperti Odetta, Billie Holiday dan Big Mama Thornton. 


Doi juga senang melukis sewaktu sekolah loh. Bersama teman-temannya , doi mulai nyanyiin lagu blues dan folk. Karena kesukaannya akan black blues dan kepribadiannya yang unik ketika itu, doi bisa ngitung pake jari untuk jumlah temen-temennya sewaktu SMA. Badannya gemuk, kulit sensitif, bahkan banyak yang bully dia waktu itu. Pernah doi berkata, “Saya orangnya canggung, seneng membaca dan melukis. Dan saya tidak membenci orang kulit hitam.” WOWWW... Kalo Sobat Belel tau sejarah sosial yang terjadi di Amerika ketika masa itu, pernyataan dari Joplin ini sangat jarang loh. Salut deh buat tante Joplin!!!


Karir Musik



 “Just to get away from Texas, because my head was in a much different place”  -Janis Joplin

Tahun 1962-1965 di Texas, style musik Joplin banyak dipengaruhi oleh penyanyi blues wanita idolanya kala itu, Beat Generation. Pada December 1962, “What Good Can Drinkin’ Do” adalah lagu pertamanya yang direkam dalam pita kaset di rumah temannya

January 1963, doi hijrah ke San Francisco dan tinggal di North Beach lalu pindah ke Haight-Ashbury. Tahun 1964, doi kolaborasi bareng Jorma Kaukonen beberapa lagu blues dan sesi rekaman ini menghasilkan 7 buah lagu: “Typewriter Talk”, “Trouble In Mind”, “Kansas City Blues”, “Hesitation Blues”, “Nobody Knows You When You’re Down And Out”,” Daddy,Daddy,Daddy” dan “Long Black Train Blues”. Lagu-lagu ini dirilis ke album bootleg yang berjudul “The Typewriter Tape”. Pada tahun ini, doi makin ketagihan obat-obat terlarang dan dikenal sebagai pengguna heroin. Doi juga gemar mengkonsumsi alkohol, terutama Southern Comfort. Hiks.... Sobat Belel kalo untuk yang ini, jangan ditiru yah!!!!!
*bootleg:  rekaman yang tidak resmi dirilis oleh seorang penyanyi. Mungkin kalo jaman sekarang mah, rekaman versi youtube hehe.. 

Tahun 1965, Joplin balik ke Texas dan mencoba ninggalin drugs & alcohol, mulai pakaian rapi dan kuliah di Lamar University jurusan Sosiologi. Sebelum gabung ke Big Brother And The Holding Company, Janis Joplin merekam 7 buah lagu. Dan tau gak, pada tahun 1995 ketujuh lagu ini dijadiin album “This Is Janis Joplin 1965” oleh James Gurley


Big Brother And The Holding Company(1966-1968)


“Probably the most powerful singer to emerge from the white rock movement” –Time Magazine

Type vokal blues yang sangat kental dimiliki oleh Joplin menarik minat band aliran psychedelic rock, Big Brother And The holding Company, yang sudah memiliki basis fans di Haight-Ashbury. Chet Helms, seorang promotor yang dikenal Joplon sekaligus manager Big Brother kala itu, membawa Joplin balik ke San Francisco untuk bergabung dengan band pada tanggal 4 Juni 1966. Penampilan pertama bersama mereka di Avalon Ballroom, San Francisco. Pada 23 Agustus 1966, menandatangani kerjasama dengan label indie Mainstream Records. Pada awal 1967, Band ini sering main dari klub ke klub di San Francisco dan beberapa kota lainnya.

Medio Agustus 1967, bersama label Mainstream Records, mereka merilis album self-titled mereka dan merupakan album studio pertama mereka, “Big Brother And The Holding Company”. Album in dirilis setelah penampilan memukau mereka di Monterey Pop Festival. Dari album perdana ini, ada 4 lagu yang nge-hits kala itu: lagu tradisional yang di arrange Joplin “Down On Me”, “Bye Bye Baby”, “Call On Me”, dan “Coo Coo”, dimana semua lagu ini lead vokalnya oleh Joplin. Pada Tahun 1966, Chet Helms diganti oleh Julius Karpen, kemudian berganti manager lagi menjadi Albert Grossman, seorang manager artis top yang pernah mereka temui di Monterey Pop.

Tahun 1968, beredar selentingan yang mengatakan bahwa band ini lebih tepat bernama “Janis Joplin And Big Brother And The Holding Company”. Bahkan ada yang mengatakan bahwa Big Brother sejatinya adalah band yang buruk dan Joplin berencana akan mendepak mereka.

Cheap Trills(1968) adalah album kedua mereka dimana Joplin berkontribusi banyak dalam aransemen produksi album ini. Selama produksi album ini, Joplin disebut sebagai ‘juru kunci’ karena dia adalah orang pertama dan terakhir yang ada di studio. Keunikan album ini adalah meskipun berlabel studio recording, ada 3 lagu: “Combination of the Two”, “I Need a Man to Love”, dan “Ball and Chain” memiliki nuansa concert recording dengan suara riuh penonton. Tapi Sobat Belel tau gak?? Ternyata suara penonton tersebut sudah dibayar untuk bertepuk tangan dan berteriak hehehe... Kreatif juga yahhh...

Sepulang dari konser di Palace of Fine Arts Festival(31 Agustus-1 September 1968), Janis Joplin mengumumkan rencananya untuk keluar dari band. Pada 1 December 1968, Janis Joplin dan Big Brother and The Holding Company menggelar konser terakhir mereka. Meskipun kemudian di tahun 1970 mereka menggelar 2 konser reuni.


Solo Karir(1969-1970)


"The most staggering leading woman in rock... She slinks like tar, scowls like war... clutching the knees of a final stanza, begging it not to leave... Janis Joplin can sing the chic off any listener."-Vogue Magazine

Meskipun sudah memutuskan akan bersolo karir, Janis Joplin tetap merekrut band pendukung untuk setiap penampilannya, The Kozmic Blues Band. Pada awal tahun 1969, mereka mulai project album “I Got Dem Ol’ Kozmic Blues Again Mama!” dan sembari melakukan tur konser di eropa, akhirnya album ini dirilis pada september 1969. Pada tahun yang sama, album ini meraih platinum emas meskipun belum bisa menyamai kesuksesan album Cheap Trilss. Pada hari sabtu, 16 Agustus 1969, beliau diundang manggung di Woodstock!!! Pasti Sobat Belel ngerti kan makna dari Woodstock bagi seorang musisi (Kalo gak ngerti, ayukk buka wikipedia hehehe...), sampai Joplin harus naek helikopter untuk kesana lohhh. Tapi karena ada keterbatasan kontrak manggung, beliau terpaksa nunggu sampai 10jam. Dan sayangnya, saat-saat menunggu di backstage malah di pakai oleh Joplin untuk mengkonsumsi heroin dan alkohol bareng temannya, Peggy Caserta. Alhasil, diatas panggung yang masih dalam keadaan teler, suara Joplin menjadi serak dan susah untuk aksi panggung. Tapi tetap Joplin keluarkan semua kemampuan terbaiknya(sampai suaranya habis seusai manggung) dan mendapat apresiasi dari penonton Woodstock. Pada akhir tahun 1969, band pendukung Kozmic Blues Band pecah dan penampilan terakhir mereka di Madison Square Garden.

 
"I'm going into the jungle with a big bear of a beatnik named David Niehaus. I finally remembered I don't have to be on stage twelve months a year. I've decided to go and dig some other jungles for a couple of weeks."-Janis Joplin

Pada February 1970, Janis berlibur ke Brazil untuk  melepaskan diri dari drugs dan alkohol. Disana ia bertemu David Niehaus, seorang pria kelas menengah atas yang telah membuat Joplin jatuh hati. Selama di Brazil, David yang anti-drugs banyak membantu Joplin untuk menjauhi heroin. Tetapi begitu pulang ke Amerika, hubungan mereka putus karena David memergoki Joplin kembali menggunakan heroin. Tidak mau berlama-lama vakum, Joplin membentuk  Full Tilt Boogie Band yang mayoritas musisi berasal dari Kanada. Joplin memegang peranan penting dalam band ini sehingga dia bilang, “It’s my , band. Finally, It’s my band!”. Bulai Mei 1970, Full Tilt Boogie mulai tur konser dan mulai mendeklarasikan bahwa dia bebas narkoba, tetapi sayangnya dibalik itu kecanduan alkoholnya makin tak terkontrol.  Dari 28 Juni sampai 4 July 1970, Joplin dan Band Full Tilt Boogie bergabung dalam tur Festival Express All Star keliling Kanada Bersama Buddy Guy, The Band, Ten Years After, Grateful Dead, Delaney And Bonnie, Eric Andersen, dan Ian&Sylvia.


Akhir Hayat



“I'm a victim of my own insides. There was a time when I wanted to know everything ... It used to make me very unhappy, all that feeling. I just didn't know what to do with it. But now I've learned to make that feeling work for me. I'm full of emotion and I want a release, and if you're on stage and if it's really working and you've got the audience with you, it's a oneness you feel.” –Janis Joplin

Pada Sabtu, 3 Oktober 1970 mungkin menjadi hari yang krusial bagi Janis Joplin. Pada awalnya, Joplin melakukan rutinitas ke Sunset Sound Recorders untuk mendengar instrumental track buat lagu Nick Gravenites yang berjudul “Buried Alive in the Blues”. Paul Rothchild(Produser album) setuju bahwa Joplin akan mengisi vocal keesokan harinya. Tapi disaat yang bersamaan, dari percakapan telepon dengan Seth Morgan(pelajar, 21 thn), sang pacar sedang bersama wanita lain yang baru dikenalnya. Mereka malah menggunakan meja billiard di rumah Joplin. Sontak, Joplin marah-marah di percakapan telepon tersebut terlebih Morgan tidak menepati janji untuk bertemu di malam sebelumnya. Meskipun Joplin tetap curhat ke
Seth Morgan bahwa sesi rekaman berjalan lancar dan membuat Joplin sangat bahagia dengan sesi tersebut.


Pulang tengah malam setelah minum bersama anggota band, Ken Pearson, Joplin mengantar temannya tersebut ke Landmark Motor Hotel. Dan keesokan harinya, produser mereka, Paul Rotchild mencari-cari kenapa Joplin tidak muncul juga di studio untuk rekaman vocal yang sudah mereka rencanakan. Berinisiatif menjemput Joplin di Landmark Hotel, dan melihat ada mobil Porsche 356C milik Joplin, Rotchild memaksa masuk ke kamar Joplin. Dan betapa kagetnya manager tersebut, menemukan Janis Joplin sudah tidak bernyawa di lantai samping tempat tidurnya… Hiks hiks…

Dari Hasil penyelidikan, penyebab kematian Joplin karena overdosis heroin dan kemungkinan kombinasi efek dari minuman alcohol. Bahkan berdasarkan buku “Going Down With Janis”, Janis merasakan kekecewaan dan kesedihan karena tidak ada satu pun temannya yang datang mengunjunginya di Landmark Motor Hotel seperti yang telah mereka janjikan sebelumnya.


Jenasah Joplin dikremasi di Los Angeles, abunya ditaburkan dari pesawat ke Laut Pasifik sampai Stinson Beach. Pemakaman dilakukan secara privat dan hanya dihadiri oleh kedua orang tua Joplin dan saudari dari ibunya.


Discography

Big Brother and the Holding Company
Title
Release date
Label
Big Brother and the Holding Company
1967
Mainstream Records
Cheap Thrills
1968
Columbia
Live at Winterland '68
1998
Columbia Legacy
Live at the Carousel Ballroom 1968
2012
Legacy Recordings

Kozmic Blues Band


Title
Release date
Label
I Got Dem Ol' Kozmic Blues Again Mama!
1969
Columbia
I Got Dem Ol' Kozmic Blues Again Mama!
1969, CD 1999
Legacy CK65785
Live in Amsterdam


The Woodstock Experience
2009
Legacy Recordings

Full Tilt Boogie Band



Title
Release date
Label

Pearl
1971
Columbia

Live in Honolulu
1975


Wicked Woman (Janis Joplin album)
1976


Pearl
1971, CD 1999
Legacy CK65786

Pearl
1971, 2CD 2005
Legacy COL 515134 2


The Pearl Sessions
2012
Legacy Recordings


Big Brother & the Holding Company / Full Tilt Boogie

Title
Release date
Label
In Concert
1972
Legacy CK65786

Album yang dirilis setelah kematian joplin:
Title
Release date
Label
The Typewriter Tape
1964

Janis Joplin's Greatest Hits
1973
Columbia
Janis
1975
CBS
Anthology
1980

Farewell Song
1982
Columbia Records
Cheaper Thrills
1984
Fan Club
Janis
1993
Columbia Legacy
18 Essential Songs
1995
Columbia Legacy
The Collection
1995
3 Discs
Live at Woodstock: August 19, 1969
1999

Box of Pearls
1999
Sony Legacy
Super Hits
2000
Sony
Love, Janis
2001
Sony
Essential Janis Joplin
2003
Sony
Very Best of Janis Joplin
2007
Import

Prestasi Album dan lagu Joplin:

ALBUMS
(as member of Big Brother & The Holding Company)


Year
Album
US Top 200

1967
Big Brother and the Holding Company
60

1968
Cheap Thrills
1

(as a solo artist)
Year
Album
US Top 200
1969
I Got Dem Ol' Kozmic Blues Again Mama!
5
1971
Pearl
1
1972
Joplin In Concert
4
1973
Janis Joplin's Greatest Hits
37
1975
Janis
54
1982
Farewell Song
104
2011
Super Hits
113






SINGLE
(as member of Big Brother & The Holding Company)

Year
Single
US Hot 100
1968
Down on Me
43
Coo Coo
84
Piece of My Heart
12
(as a solo artist)


Year
Single
US Hot 100
1969
Kosmic Blues
41
1971
Me and Bobby McGee
1
Get It While You Can
78
Cry Baby
42
1972
Down on Me (Live)
91




Photo Gallery
















 Mobil kesayangan Joplin
 Patung Janis Joplin di Budapest Ferenc Erkel Grade School, Hungaria
















Sumber:
Sumber 1
Sumber 2
Official web:
Janis Joplin
Official Facebook
Janis Joplin
Youtube:
Janis Joplin


Sobat Belel uda baca kan, siapa itu Janis Lyn Joplin. Bagi kamu-kamu yang fans berat ataupun yang baru jadi fans doi setelah baca artikel kita ini, buruan hubungi tim marketing Kaos Belel untuk order baju Janis Joplin kita. Dijamin deh, soul blues Sobat Belel pasti makin keluar... Makin gak sabar langsung keluarin gitar maen nge-blues... Yeeeaaaahhhhh...!!!!
 
Salam


KAOS BELEL


Follow:
Kaos Belel
@KAOSBELEL


Inspiration Words

"Sebuah pemicu yang paling besar dalam berpikir kreatif adalah pertanyaan yang terfokus. Ada sesuatu tentang pertanyaan yang disusun dengan baik yang terkadang menembus hingga ke dalam hati dan memicu ide-ide dan pandangan baru."
-Brian Tracy-
Flag Counter

Labels

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. KAOS BELEL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger